BELAJAR DASAR FOTOGRAFI BAGI PEMULA

BELAJAR DASAR FOTOGRAFI BAGI PEMULA

BELAJAR DASAR FOTOGRAFI BAGI PEMULA

Bagi pemula pasti akan kebingungan dengan berbagai istilah yang dimiliki oleh kamera. Karena makna yang dimiliki oleh setiap istilah itu memiliki arti yang berbeda – beda, yang tentunya ini harus anda pahami agar anda mendaptkan hasil yang baik sesuai yang anda mau. Istilah – istilah seperti ‘shutter speed’ (kecepatan rana), ‘aperture’ (bukaan diafragma), ‘ISO speed’ (kecepatan ISO), ‘exposure compensation’ (kompensasi pencahayaan), dan masih banyak lagi istilah yang lainnya.

Deretan Daftar Istilah Kamera

Beberapa istilah dari kamera yang akan berguna untuk anda yang sedang belajar dunia fotografi. Simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Dasar – dasar kamera (Aperture)

Awal mula yang harus anda fikirkan adalah saat pengambilan gambar ddengan kamera digital adalah efek aperture pada gambar. Karena hasil akhir dari sebuah gambar atau foto tergantung dari aperture yang di setting, apakah itu di lebarkan atau di sempitkan.

2. Dasar – dasar kamera (Kecepatan Rana)

Saat mengambil gambar, anda harus mengerti tentang kecepatan rana dan efek yang baik untuk gambar anda. Karena bila kecepatan rana lama atau lebih cepat akan mempengaruhi efek apa yang akan anda bisa munculkan.

3. Dasar – dasar kamera (Pencahayaan)

Terdapatnya cahaya dalam pengambilan gambar sangat diperlukan.  Karena itu menjadi faktor utama untuk hasil dari gambar yang anda ambil. Bila cahaya nya mendukung, maka hasil fotonya pun akan lebih baik dibanding di ambil dari pencahayaan yang kurang.

4. Dasar – dasar kamera (Exposure Compensation)

Exposure Compensation atau dalam Bahasa Indonesia kompensasi cahaya memiliki fungsi untuk mengatur pencahayaan, karena biasanya kamera memliki auto cahaya nya sendiri disini anda dapat mengatur pencahayaannya sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Dasar – dasar kamera (Kecepatan ISO)

Kecepatan  ISO memiliki fungsi untuk mengatur efek pada pencahayaan, sama dengan istilah aperture dan shutter. Ketiga ini memiliki peran yang penting untung mengatur kecepatan pada hasil efek yang anda inginkan.

6. Dasar – dasar kamera (White Balance)

White balance memiliki fungsi untuk memberikan warna putih yang baik untuk segala hasil dari gambar dengan kondisi cahaya sebagaimana pun gambar itu di ambil. Hal dasar seperti ini adalah hal yang biasa di lakukan untuk memakai white balance.

7. Dasar – dasar kamera (Metering)

Metering atau dalam Bahasa Indonesia adalah pengukuran, yang memiliki fungsi untuk menilai kecerahan suatu subjek serta memberika putusan berapa banyak pencahayaan yang akan diberikan untuk gambar dengan kuantitas cahaya sesuai dengan gambar tersebut.

8. Dasar – dasar kamera (Menetapkan Fokus)

Menetapkan fokus saat mengambil gambar adalah kunci agar gambar yang ingin anda ambil sesuai. Bila di ambil dari angle yang bagus dan tepat akan memberikan kualitas yang sangat baik dan kesan yang aesthetic.

9. Dasar – dasar kamera ( Mode AF)

Mode AF memiliki fungsi untuk mengatur fokus pada subjek yang bergerak. Karena bila anda tidak memahami mode AF ini anda akan kesulitan saat pengambilan gambar. Mode AF ini akan mengantisipasi pada subjek yang bergerak lalu akan memberikan gambar yang tepat bila subjek atau objek itu bergerak.

10. Dasar – dasar kamera (Picture Style)

Picture style atau dalam bahasa Indonesia adalah gaya foto, memiliki fungsi untuk mengatur nada warna dan kontras untuk memberika kesan indah dan menarik bagi subjek yang anda ambil. Bila picture style di atur dengan benar maka hasil yang berikan akan sempurna dan pesan dalam gambar akan tersampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *